Kamis, 17 Maret 2011

0 Dan 1

Tanggal 18 Maret hari Jumat pukul 05.39



Helooooooo there...
T3 lagi, tempat lokalisasi galau orang-orang Bogor, dan di sofa ada bapak calon Presbem Teguh terlelap dengan damainya. Harusnya gw tidur karena kuliah jam 7 matematika diskrit-nya Bu Esther, tapi gara-gara perut gw yang mules shubuh-shubuh, gw jadi ga bisa tidur lagi. Kayanya pencernaan gw emang lagi bermasalah nih. Tapi udahlah, gak usah bahas jeroan gw, geleuh.

0 dan 1. Dua digit angka ini kayanya emang udah jadi bagian dari hidup anak informatika. And thats what informatics all about, zero and one. Semua kuliah gw punya keterkaitan sama dua angka biner ini (kecuali kalkulus sama semua kuliah umum tentunya), bahkan bukan cuma kuliah aja, di kehidupan gw pun gitu.

Analoginya gini, kalo p dan q bernilai 0, kalo digabungin pake gerbang and, hasilnya juga 0. Sama kayak hidup, kalo 2 orang ngasih nilai 0 buat yang satunya, nilainya ya pasti 0. Dan di gerbang 'and' ini, hasilnya bakal bernilai 1, hanya jika p dan q nilainya sama-sama 1. Sama kan, kaya kata orang tua bilang "kalo mau dihargai orang, kita harus menghargai yang lainnya, jangan harap bakal dihargai deh kalo ngga kaya gitu". Itu merefleksikan gerbang And banget lho.

Atau, kita mungkin hidup di lingkungan gerbang 'OR', dimana cuma salah satunya yang bernilai 1, hasilnya pasti 1.Itu cuma terjadi di lingkungan nyaman gw. Contohnya aja di keluarga. Kita ngasih 0 buat dua orang tua kita, tapi orang tua kita ngasih nilai 1, supaya hasilnya jadi 1. Tapi, itu ngga berlaku buat di dunia luar zona nyaman menurut gw. Soalnya, hidup diluar zona itu, kita butuh orang lain buat menjadi '1'. Apa deh ya? Yaaa, intinya ginilaah, ngga akan ada hasil kalo kita cuma berjuang sendiri.

Atau lagi, kita hidup di lingkungan XOR, exclusive or. yang cuma bernilai 1 kalo nilai yang satu beda sama yang lainnya. Bisa di-analogiin sama semboyan Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, walaupun berbeda tapi tetep 1. Emang sih, beda itu indah. Tapi kenyataannya, orang cenderung milih temen yang punya satu persamaan sama dirinya sendiri, entah itu penderitaan, kebiasaan, agama, suku, atau apalah terserah. Jadi, kalo menurut gw, implikasi XOR ke kehidupan tuh 0.

Atau lagi nih buat yang terakhir. Hidup di lingkungan XAND, atau nama lainnya exclusive and. doi nilainya bakal satu kalo sama-sama 1 atau 0. Kalo sama-sama 1 emang sih nilainya bakal 1, dua orang yang pinter dan rajin kalo bikin tugas, misalnya, hasilnya bakal 1 pasti, hasil yang didapet juga pasti memuaskan. Liat kalo dua-duanya 0. Emang banyak orang yang bilang, 'di matematika juga, kalo negatif ketemu negatif, hasilnya bakal positif'. Tapi, coba pikir lagi, kalo ada dua orang yang mabuk berat, terus mereka mau pulang ke rumahnya, apa bakal selamet? Kemungkinan besar sih ngga, makanya dibuat aturan gak boleh ada orang mabok yang nyetir kan. Jadi praktek ke hidupnya 0.

Jadi, Tabel And udah paling truth deh dari semua truth table lain.

Caranya ngasih nilai 1? Bangun, bergerak.

Sok tau lagi deh kayak mas Bima, maaf ya.
Segini dulu deh ya, pulang, mandi, sarapan kayanya asik deh, Bu Esther yang baik udah menunggu.

7 komentar:

  1. we'll fight we'll win
    you'll get what you deserve

    haha cerdas cha tulisannya! semangka lah!

    BalasHapus
  2. Hahahaha, analogi menarik. Jangan2 setiap ilmu terinspirasi dari adegan-adegan di kehidupan nyata ya...

    Tapi lu kayaknya belum nyebut 1 kemungkinan lagi, kalo 1 ketemu 1 hasilnya 0 ada gak?

    BalasHapus
  3. 1 ketemu 1 bakal 0 kalo gerbangnya exclusive or, kan dia cuma punya nilai 1 kalo beda, kalo sama 0 semua bos hehe

    itu mah zeppelin tan, we'll fight we'll win hahaha

    BalasHapus
  4. ya lo bisa kan cky, main basket sama temen setim lo, tapi kalah, yaa something like that lah. haha atau lo punya pendapat nih?

    BalasHapus
  5. kalo menurut gw, selama ada 1 di salah satu sisi, hasilnya bakal selalu 1.
    Udah, gw cm mau bilang itu doang

    BalasHapus
  6. memang,kan dalam berbagai keadaan bisa terjadi itu bos, tapi yang paling absolut sih kata gw 1 dan 1

    BalasHapus